[]

I'ROB DZIKIR ROBBI QINII

  7. Robbi Qinī 7- «رَبِّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ». “Ya Robb, jagalah aku dari siksaMu pada hari Engkau membangkitka...

 

7. Robbi Qinī

7- «رَبِّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ».

“Ya Robb, jagalah aku dari siksaMu pada hari Engkau membangkitkan para hambaMu.” (HR. Muslim no. 709)

I’ROB

(رَبِّ): asalnya يَا رَبِّي lalu dibuang يا dan ي untuk meringankan bacaan. رَبِّ manshub dengan fathah yang dikhayalkan karena menjadi Munāda Mudhōf.

(قِنِي عَذَابَكَ): قِ artinya jagalah, atau dalam bentuk kalimat positif Engkau menjaga, sehingga Fa’ilnya adalah Engkau (أَنْتَ) yang tersembunyi di tempat marfu. يْ di tempat manshub menjadi Maf’ūl Bih I dan عذابَ manshub menjadi Maf’ūl Bih II sekaligus sebagai Mudhōf. كَ di tempat majrur menjadi Mudhōf Ilaih. Sementara نِ pada قِنِي adalah nun tambahan yang disisipkan untuk memisahkan antara fi’il amr dengan ya mutakallim.

(يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ): يومَ manshub menjadi Zhorof Zaman, sekaligus sebagai Mudhōf. Mana Mudhōf Ilaihnya? Yaitu kalimat تَبْعَثُ عِبَادَكَ di tempat majrur sebagai Mudhōf Ilaih. تَ di tempat marfu menjadi Fā’il. عبادَ manshub menjadi Maf’ūl Bih, sekaligus sebagai Mudhōf. كَ di tempat majrur sebagai Mudhōf Ilaih.

Related

Irob Dzikir Bakda Sholat 2762166612250257006

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda yang sopan dan rapi.

emo-but-icon

Total Tayangan Halaman

PENTING

Semua buku di situs ini adalah legal dan telah mendapatkan izin dari penerbit dan penulisnya untuk dicetak, disebar, dan dimanfaatkan dalam bentuk apapun, asal tidak untuk dikomersialkan.

Bagi yang membutuhkan file wordnya untuk keperluan dakwah, bisa menghubungi Penulis di 085730-219-208.

Barokallahu fikum.

Pengikut

Hot in week

Arsip Blog

item