[]

I'ROB SURAT AL-IKHLAS AL-FALAQ DAN AN-NAS

  6. Mu’awwidzāt 6- «قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ   * اَللَّهُ الصَّمَدُ   *   لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ   *   وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أ...

 

6. Mu’awwidzāt

6- «قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ  * اَللَّهُ الصَّمَدُ  *  لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ  *  وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ».

“Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat bergantung kepadaNya segala sesuatu. Dia tidak melahirkan dan tidak pula dilahirkan, dan tidak ada satupun yang setara denganNya.”

I’ROB

(هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ): هو di tempat marfu menjadi Mubtadā. Lafzhul Jalālah marfu menjadi Khobar I dan أحد marfu menjadi Khobar II.

(اَللَّهُ الصَّمَدُ): Lafzhul Jalālah marfu menjadi Mubtadā, dan الصمد marfu menjadi Khobarnya. Faidah Khobar berupa ma’rifat adalah hanya, sehingga terjemahnya “Tempat bergantung (meminta segala kebutuhan) hanya kepada Allah”.

(لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ): يَ di tempat marfu menjadi Fā’il. يُ di tempat marfu menjadi Nā’ibul Fā’il.

(لَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ): هُ di tempat majrur kemasukan huruf Jar La. كفوا manshub menjadi Khobar يكن. أحد marfu menjadi Isim يكن.[1]

/


 

«قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ  *  مِن شَرِّ مَا خَلَقَ  *  وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ  *  وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ  *   وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ».

“Katakanlah: Aku berlindung kepada Robb Yang Menguasai waktu Shubuh, dari kejahatan apa-apa (mahluk) yang diciptakanNya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang-orang yang dengki apabila ia dengki.”

I’ROB

(أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ): أ di tempat marfu menjadi Fā’il. ربِّ majrur kemasukan Jar Bi, sekaligus menjadi Mudhōf. الفلق majrur menjadi Mudhōf Ilaih.

(مِن شَرِّ مَا خَلَقَ): شرِّ majrur kemasukan Jar Min, sekaligus menjadi Mudhōf. ما di tempat majrur menjadi Mudhōf Ilaih.

(مِن شَرِّ غَاسِقٍ): شرِّ majrur kemasukan Jar Min, sekaligus menjadi Mudhōf. غاسق majrur menjadi Mudhōf Ilaih.

(مِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ): شرِّ majrur kemasukan Jar Min, sekaligus Mudhōf. النفاثات majrur menjadi Mudhōf Ilaih. العقد majrur kemasukan Jar Fī.

(مِن شَرِّ حَاسِدٍ): i’robnya mirip مِن شَرِّ غَاسِقٍ.

/


 

«قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ  *  مَلِكِ النَّاسِ  *  إِلٰهِ النَّاسِ  *  مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ  *  الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ  *  مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ».

“Katakanlah: Aku berlindung kepada Robb (Yang memelihara dan menguasai) manusia, Raja manusia, Sembahan manusia: dari kejahatan (bisikan) setan yang tersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (Shohih: HR. Abu Dawud no. 1523)

I’ROB

(أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ): أَ di tempat marfu menjadi Fā’il. ربِّ majrur kemasukan Jar Bi, sekaligus sebagai Mudhōf. الناس majrur menjadi Mudhōf Ilaih.

(مَلِكِ النَّاسِ): ملكِ majrur menjadi Badal ربِّ sekaligus menjadi Mudhōf. الناس majrur menjadi Mudhōf Ilaih.

(إِلٰهِ النَّاسِ): i’robnya mirip مَلِكِ النَّاسِ.

(مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ): شرِّ majrur kemasukan Jar Min, sekaligus sebagai Mudhōf. الوسواس majrur menjadi Mudhōf Ilaih. الخناس majrur menjadi Na’at.

(الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ): الذي di tempat majrur menjadi Badal untuk الوسواس. يُ di tempat marfu menjadi Fā’il. صدورِ majrur kemasukan Jar Fī, sekaligus sebagai Mudhōf. الناس majrur sebagai Mudhōf Ilaih.

(مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ): الجنة majrur kemasukan Jar Min. الناس majrur diathofkan kepada الجنة.


[1] يكن dan كَانَ adalah sama. Sebagaimana كان memiliki dua komponen (Isimnya dan Khobarnya), begitu juga يكن.


DAFTAR ISI

Related

Irob Dzikir Bakda Sholat 8933630982064684724

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda yang sopan dan rapi.

emo-but-icon

Total Tayangan Halaman

WAKAF MUSHAF

WAKAF MUSHAF

Tentang Admin

Penulis bernama Nor Kandir ini kelahiran Jepara. Semenjak kecil tertarik dengan membaca terutama tentang alam ghoib dan huru-hara Hari Kiamat. Alumni Mahad Raudlatul Ulum Pati ini juga pernah nyantri di Mahad Tahfizh Qur'an Wadi Mubarok Bogor dan Pondok Mahasiswa Thaybah Surabaya dibawah asuhan Ust. Muhammad Nur Yasin, Lc dan beliau adalah guru utama penulis.

Gelar akademik penulis diperoleh di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dan LIPIA Surabaya (cabang Universitas Al Imam di Riyadh KSA). Sekarang terdaftar sebagai mahasiswa Akademi Zad Arab Saudi dan Universitas Murtaqo Kuwait. Sertifikat yang diperoleh: ijazah sanad Kutub Sittah (Bukhori, Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah) dari Majlis Sama' bersama Dr. Abdul Muhsin Al Qosim dan Syaikh Samir bin Yusuf Al Hakali, juga matan-matan 5 semester Dr. Abdul Muhsin Al Qosim seperti Arbain, kitab² Muhammad bin Abdul Wahhab, Aqidah Wasithiyyah, Thohawiyah, Jurumiyah, Jazariyah, dll. Juga sertifikat hafalan Umdatul Ahkam dari Markaz Huffazhul Wahyain bersama Syaikh Abu Bakar Al Anqori. Kesibukan hariannya adalah mengajar bahasa Arob, dan menerjemahkan kitab-kitab yang diupload secara gratis di www.terjemahmatan.com

PENTING

Semua buku di situs ini adalah legal dan telah mendapatkan izin dari penerbit dan penulisnya untuk dicetak, disebar, dan dimanfaatkan dalam bentuk apapun. Boleh dikomersialkan dengan syarat: meminta izin ke penulis dan harganya dibuat murah (tanpa royalti penulis).

Bagi yang membutuhkan file wordnya untuk keperluan dakwah, bisa menghubungi Penulis di 085730-219-208.

Barokallahu fikum.

Pengikut

Hot in week

Arsip Blog

item