[]

I'ROB DZIKIR LAA MAANIA

2. Lā Māni’ 2- «لاَ إِل ٰ هَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ...

2. Lā Māni’

2- «لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ».

“Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagiNya. MilikNya kerajaan dan milikNya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah tidak ada yang dapat mencegah apa yang Engkau beri, dan tidak ada yang dapat memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan itu bagi pemiliknya dari (siksa)Mu.” (HR. Al-Bukhori no. 844 dan Muslim no. 593)

I’ROB

(لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ): إله manshub dengan fathah tanpa tanwin karena menjadi Isim Lā (linafyil jinsi), sementara Khobarnya tersembunyi perkiraannya حقٌّ atau بِحَقٍّ. Lafzhul Jalālah marfu karena menjadi Badal untuk حق atau بحق.

(وَحْدَهُ): وحدَ manshub menjadi Hāl untuk Lafzul Jalālah, sekaligus menjadi Mudhōf. هُ di tempat majrur menjadi Mudhōf Ilaih.

(لاَ شَرِيْكَ لَهُ): شريكَ manshub tanpa tanwin menjadi Isim Lā (linafyil jinsi), dan Khobarnya tersembunyi dan diperkirakan حَقٌّ marfu dengan dhommatain atau بِحَقٍّ di tempat marfu. هُ di tempat majrur kemasukan huruf Jar.

(لَهُ الْمُلْكُ): له di tempat marfu menjadi Khobar yang diawalkan, dan (الملك) marfu menjadi Mubtadā diakhirkan. هُ di tempat majrur kemasukan huruf Jar La.

(لَهُ الْحَمْدُ): mirip i’rob له الملك.

(هُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ): هو di tempat marfu menjadi Mubtadā. كل majrur kemasukan huruf Jar ‘Alā, sekaligus sebagai Mudhōf. شيء majrur menjadi Mudhōf Ilaih. قدير marfu menjadi Khobar.

(لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ): مانعَ manshub tanpa tanwin karena menjadi Isim Lā (linafyil jinsi), dan perkiraan Khobarnya adalah موجودٌ marfu dengan dhommatain. ما di tempat majrur kemasukan huruf Jar Li. تَ di tempat marfu menjadi Fā’il.

(لاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ): i’robnya mirip لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ.

(يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ): ذا manshub menjadi Maf’ūl Bih, sekaligus menjadi Mudhōf. الجد majrur menjadi Mudhōf Ilaih. ك di tempat majrur kemasukan huruf Jar Min. الجد marfu menjadi Fā’il. 

KLIK DAFTAR ISI


Related

Irob Dzikir Bakda Sholat 3128306377529918875

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda yang sopan dan rapi.

emo-but-icon

Total Tayangan Halaman

PENTING

Semua buku di situs ini adalah legal dan telah mendapatkan izin dari penerbit dan penulisnya untuk dicetak, disebar, dan dimanfaatkan dalam bentuk apapun, asal tidak untuk dikomersialkan.

Bagi yang membutuhkan file wordnya untuk keperluan dakwah, bisa menghubungi Penulis di 085730-219-208.

Barokallahu fikum.

Pengikut

Hot in week

Arsip Blog

item