[]

IROB ISTIGHFAR

  1. Istighfār 1- «أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَا...

 

1. Istighfār

1- «أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ، أَسْتَغْفِرُ اللهَ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ، يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ».

“Saya memohon ampunan kepada Allah (3x). Ya Allah Engkau As-Salam, dan dari-Mu Salam, Engkau Mahaberkah wahai Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.” (HR. Muslim no. 591)

I’ROB[1]

(أَسْتَغْفِرُ اللهَ): أَ di tempat marfu menjadi Fā’il. Lafzhul Jalālah manshub menjadi Maf’ūl Bih.

(أَنْتَ السَّلاَمُ): أَنْتَ di tempat marfu menjadi Mubtadā. السَّلاَمُ marfu menjadi Khobar.

(مِنْكَ السَّلاَمُ): منك di tempat marfu menjadi Khobar yang diawalkan dan السلام sebagai Mubtadā yang diakhirkan. كَ di tempat majrur kemasukan huruf Jar Min.

(تَبَارَكْتَ): ت di tempat marfu menjadi Fā’il.

(يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ): ذا manshub dengan fathah karena menjadi Munāda Mudhōf. الجلال majrur menjadi Mudhōf Ilaih. الإكرام majrur karena diathofkan (disambungkan hukumnya) kepada الجلال.


[1] I’rob di sini merujuk kepada buku Bahasa Arob Khusus Untuk Memahami Qur’an dan Hadits yang bisa Anda unduh di https://terjemahmatan.com dan metode mengirob di sini dibuat sesederhana mungkin dan terkadang menggunakan istilah baru, dalam rangka memudahkan orang awam untuk memahaminya.


KLIK DAFTAR ISI

Related

Irob Dzikir Bakda Sholat 8639773145131623809

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda yang sopan dan rapi.

emo-but-icon

Total Tayangan Halaman

PENTING

Semua buku di situs ini adalah legal dan telah mendapatkan izin dari penerbit dan penulisnya untuk dicetak, disebar, dan dimanfaatkan dalam bentuk apapun, asal tidak untuk dikomersialkan.

Bagi yang membutuhkan file wordnya untuk keperluan dakwah, bisa menghubungi Penulis di 085730-219-208.

Barokallahu fikum.

Pengikut

Hot in week

Arsip Blog

item