[]

I'ROB DZIKIR LAHUN NI'MAH

3. Lahun Ni’mah 3- «لاَ إِل ٰ هَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِ...

3. Lahun Ni’mah

3- «لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ. لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ. لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ، وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ».

“Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu milikNya. MilikNya kerajaan dan milikNya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah. Kami tidak beribadah kecuali kepadaNya. MilikNya nikmat, anugerah, dan pujian yang baik. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah hanya kepadaNya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya.” (HR. Muslim no. 594)

I’ROB

(لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ ... قَدِيْرٌ): sudah berlalu i’robnya.

(لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ): حولَ manshub tanpa tanwin menjadi Isim La (linafyil jinsi), dan perkiraan Khobarnya yang tersembunyi adalah مَوْجُودٌ marfu. قوةَ i’robnya sama dengan حولَ. Lafzhul Jalālah majrur kemasukan huruf Jar Bi.

(لاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ): نَ di tempat marfu menjadi Fā’il. هُ di tempat manshub menjadi Maf’ūl Bih. Apa fungi إيا ? Ia tidak memiliki hukum, sementara fungsinya untuk menjadi tempelan هُ.

(لَهُ النِّعْمَةُ): له di tempat marfu menjadi Khobar yang diawalkan, dan النعمة berhukum marfu sebagai Mubada yang diakhirkan. هُ di tempat majrur kemasukan huruf Jar La.

(لَهُ الْفَضْلُ): i’robnya mirip لَهُ النِّعْمَةُ.

(لَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ): i’robnya mirip لَهُ النِّعْمَةُ. الحسن marfu karena menjadi Na’at untuk الثناء.

(لاَ إِلٰهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ): لا إله إلا الله di sini kabar bemakna perintah yaitu لاَ تَعْبُدُوا إِلاَّ اللَّهَ “jangan kalian menyembah kecuali Allah”. مخلصين manshub dengan yā’ karena menjadi Hāl untuk تعبدوا. هُ di tempat majrur kemasukan huruf Jar La. الدينَ manshub karena menjadi Maf’ūl Bih, untuk isim fā’il مخلصين. Perlu diketahui bahwa isim fā’il boleh memiliki Maf’ūl Bih, dan perkiraan kalimatnya adalah أَخْلِصُوا لَهُ الدِّينَ.

(لَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ): الكافرون marfu dengan wawu menjadi Fa’i. Tanda marfu untuk jamak mudzakkar salim adalah wawu. 

KLIK DAFTAR ISI


Related

Irob Dzikir Bakda Sholat 1439569571157165881

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda yang sopan dan rapi.

emo-but-icon

Total Tayangan Halaman

PENTING

Semua buku di situs ini adalah legal dan telah mendapatkan izin dari penerbit dan penulisnya untuk dicetak, disebar, dan dimanfaatkan dalam bentuk apapun, asal tidak untuk dikomersialkan.

Bagi yang membutuhkan file wordnya untuk keperluan dakwah, bisa menghubungi Penulis di 085730-219-208.

Barokallahu fikum.

Pengikut

Hot in week

Arsip Blog

item