[]

I'ROB DZIKIR MAA QODDAMTU

  9. Mā Qoddamtu 9- «اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَسْرَفْتُ، وَمَا أ...

 

9. Mā Qoddamtu

9- «اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَسْرَفْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ».

“Ya Allah, ampunilah aku apa yang telah kukerjakan dan kuakhirkan, apa yang kutampakkan dan apa yang kusembunyikan, apa yang kulampaui batasnya dan apa yang Engkau lebih mengetahuinya daripada diriku. Engkaulah yang mendahulukan dan Engkaulah yang mengakhirkan. Tidak ada yang berhak disembah selainMu.” (HR. Muslim no. 771)

I’ROB

(اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ): اغْفِرْ artinya ampunilah atau dalam kalimat positif Engkau mengampuni, sehingga nampak Fa’ilnya adalah Engkau (أَنْتَ) yang tersembunyi, di tempat marfu. يْ di tempat majrur kemasukan Jar Li. ما di tempat manshub menjadi Maf’ūl Bih. تُ di tempat marfu menjadi Fā’il.

(مَا أَخَّرْتُ): مَا di tempat manshub karena diathofkan kepada مَا pertama. تُ di tempat marfu menjadi Fā’il.

(مَا أَسْرَرْتُ): i’robnya sama مَا أَخَّرْتُ.

(مَا أَعْلَنْتُ): i’robnya sama مَا أَخَّرْتُ.

(مَا أَسْرَفْتُ): i’robnya sama مَا أَخَّرْتُ.

(مَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي): ما di tempat manshub karena diathofkan kepada ما pertama. أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي di tempat manshub menjadi Na’at untuk ما. أنت di tempat marfu menjadi Mubtadā. أعلم di tempat marfu menjadi Khobar. هِ di tempat majrur kemasukan Jar Bi. يْ di tempat majrur kemasukan Jar Min.

(أَنْتَ الْمُقَدِّمُ): أنت di tempat marfu menjadi Mubtadā. المقدم marfu menjadi Khobar.

(أَنْتَ الْمُؤَخِّرُ): i’robnya sama أَنْتَ الْمُقَدِّمُ.

(لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ): i’robnya sama لا إله إلا الله. أنت di tempat marfu menjadi Badal untuk حقٌّ yang tersembunyi, mirip i’rob Lafzhul Jalālah.

Related

Irob Dzikir Bakda Sholat 6628718588893788490

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda yang sopan dan rapi.

emo-but-icon

Total Tayangan Halaman

PENTING

Semua buku di situs ini adalah legal dan telah mendapatkan izin dari penerbit dan penulisnya untuk dicetak, disebar, dan dimanfaatkan dalam bentuk apapun, asal tidak untuk dikomersialkan.

Bagi yang membutuhkan file wordnya untuk keperluan dakwah, bisa menghubungi Penulis di 085730-219-208.

Barokallahu fikum.

Pengikut

Hot in week

Arsip Blog

item