Download Buku: 60 DOA ADAB PILIHAN UNTUK ANAK - Pustaka Syabab



60 DOA ADAB PILIHAN UNTUK ANAK


Download
===================


Judul:
60 Doa Adab Pilihan Untuk Anak
Penulis:
Nor Kandir, ST
Penerbit:
Pustaka Syabab Surabaya
Cetakan:
Pertama, Jumadil Ula 1438 H/Maret 2017

DAFTAR ISI




Segala puji milik Allah dan semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam suri tauladan kita, juga untuk keluarga dan para Sahabatnya. Amma ba’du:
Sekitar bulan Januari 2017, saya bertemu dengan Ustadz Dr. Ainul Haris yang meminta saya untuk menyusun sebuah buku tafsir mini juz amma khusus untuk anak TPQ/TPA, mengingat begitu mendesak dan pentingnya buku dengan tema seperti ini. Buku ini akan diproyekkan oleh salah satu penerbit besar di Surabaya untuk disebar ke seluruh Indonesia, biidznillah. Gayung pun bersambut, saya tertarik dan mulai menyusun kerangkanya. Di setiap halaman direncakan tercantum doa-doa pilihan untuk anak-anak, sehingga saya mengumpulkan ayat dan hadits-hadits shahih tentang hal ini. Kemudian terkumpullah 60 doa pilihan ini. Kemudian, agar manfaatnya lebih meluas maka saya sendirikan untuk sebar secara umum kepada masyarakat agar manfaatnya lebih meluar, dan semoga menjadi jariyah untuk saya, juga Ustadz Ainul Haris yang menjadi pelantara tergagasnya ide mulia ini. Aamiin.
Surabaya, Jumadil Ula 1438 H/Maret 2017
Nor Kandir

60 DOA ADAB PILIHAN UNTUK ANAK

1.     Doa Sapu Jagat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di Akhirat dan peliharalah kami dari siksa Neraka.” (QS. Al-Baqarah [2]: 201)

2.     Doa Meminta Ampunan

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
"Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Al-Araf [7]: 23)

3.     Doa Berlindung dari Syirik

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لَا أَعْلَمُ
“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadaMu, agar tidak menyekutukanMu, sedang aku mengetahuinya dan minta ampun terhadap apa yang tidak aku ketahui.” (HR. Al-Bukhari no. 716 dalam Al-Adab Al-Mufrod. Dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

4.     Mendoakan Orang Tua

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ
“Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang Mukmin pada hari terjadinya hisab (hari Kiamat).” (QS. Ibrahim [15]: 41)

5.     Mendoakan Orang Lain

بَارَكَ اللَّهُ فِيكَ
“Semoga Allah memberi berkah kepadamu.” (HR. Ahmad no. 2065 dan dinilai shahih Syuaib Al-Arnauth)

6.     Mendoakan Orang yang Berbuat Baik

جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا
“Semoga Allah membalas kebaikanmu.” (HR. At-Tirmidzi no. 2035 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

7.     Doa Salam

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ
“Semoga salam dan rahmat Allah serta berkah-Nya tercurah untukmu.” (HR. At-Tirmidzi no. 2689 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

8.     Doa Mengusir Setan

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ
“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 255, HR. Al-Bukhari no. 2311)

9.     Doa Ketika Marah

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
“Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (HR. Al-Bukhari no. 6115)

10. Doa Meminta Tambahan Ilmu

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
“Ya Rabb-ku, tambahkanlah ilmu padaku.” (QS. Thaha [20]: 114)

11. Doa Meminta Ilmu Bermanfaat

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا
“Ya Allah, berilah manfaat terhadap ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarilah aku ilmu yang bermanfaat bagiku, dan tambahkanlah ilmu padaku.” (HR. At-Tirmidzi no. 3599 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

12. Doa Berlindung dari Kesedihan

اللَّهُمَّ لَا سَهْلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ سَهْلًا إِذَا شِئْتَ
“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah, dan apabila Engkau kehendaki maka Engkau akan jadikan kesedihan menjadi kemudahan.” (HR. Ibnu Hibban no. 974 dalam Shahihnya. Dinilai shahih oleh Ibnu Hajar dan Syua’aib Al-Arnauth)

13. Doa Menjelang Tidur

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوتُ وَأَحْيَا
“Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup.” (HR. Al-Bukhari no. 6324)

14. Doa Bangun Tidur

الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ
“Segala puji milik Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami kembali.” (HR. Al-Bukhari no. 6324)

15. Doa Berpakaian

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي، وَلَا قُوَّةٍ
“Segala puji milik Allah yang telah mengenakanku pakaian ini dan memberi rezki kepadaku dengannya tanpa daya dan kekuatan sedikitpun dariku.” (HR. Abu Dawud no. 4023 dan dinilai hasan Syaikh Al-Albani dan Syaikh Husain Salim Asad)

16. Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللَّهِ
“Dengan menyebut nama Allah.” (HR. At-Tirmidzi II/505 dan dishahihkan Syaikh Al-Albani Shahihul Jami III/203)

17. Doa Hendak Makan dan Minum

بِسْمِ اللَّهِ
“Dengan menyebut nama Allah.” (HR. Al-Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

18. Doa Usai Makan dan Minum

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا الطَّعَامَ، وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ
“Segala puji milik Allah yang telah memberiku makanan ini dan memberi rezki kepadaku dengannya tanpa daya dan kekuatan sedikitpun dariku.” (HR. Abu Dawud no. 4023 dan dinilai hasan Syaikh Al-Albani dan Syaikh Husain Salim Asad)

19. Doa Masuk Toilet

بِسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الخُبُثِ وَالخَبَائِثِ
“Dengan menyebut nama Allah, ya Allah aku berlindung kepadamu dari ganguan setan laki-laki dan setan perempuan.” (HR. Al-Bukhari no. 142 dan Muslim no. 375. Fathrul Bari I/244)

20. Doa Keluar Toilet

غُفْرَانَكَ
“Aku memohon ampunan-Mu.” (HR. At-Tirmidzi no. 7 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

21. Doa Meminta Istiqomah

رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)." (QS. Ali Imran [3]: 8)

22. Doa Tertimpa Musibah

{إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} اللَّهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا
“Sesungguhnya kami milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali hanya kepada-Nya. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku, dan gantilah untukku yang lebih baik darinya.” (HR. Muslim no. 918)

23. Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ
“Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.” (HR. Abu Dawud no. 5095 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

24. Doa Masuk Rumah

بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا
“Dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar, dan hanya kepada Rabb kami bertawakal.” (HR. Abu Dawud no. 5096 dan dinilai hasan Syaikh Bin Baz dalam Tuhfatul Akhyar no. 28)

25. Doa Berwudhu

بِسْمِ اللَّهِ
“Dengan menyebut nama Allah.” (Irwaul Ghalil I/222 dan dihasankan Syaikh Al-Albani)

26. Doa Usai Berwudhu

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ
“Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.” (HR. Muslim no. 234)

27. Doa Masuk Masjid

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
“YA Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.” (HR. Muslim no. 713)

28. Doa Keluar Masjid

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu sebagian dari karunia-Mu.” (HR. Muslim no. 713)

29. Doa Usai Adzan

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ القَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الوَسِيلَةَ وَالفَضِيلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ
“Ya Allah, wahai Rabb panggilan yang sempurna ini dan Rabb pemilik shalawat yang lurus, berilah Muhammad wasilah (kedudukan mulia) dan karunia (tempat tertinggi di Surga), serta sampaikanlah ia kepada kedudukan terpuji yang pernah Engkau janjikan.” (HR. Al-Bukhari no. 614)

30. Doa Pagi Hari

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ
 “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di Neraka dan di kubur.” (HR. Muslim no. 2723)

31. Doa Sore Hari

أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ
“Kami telah memasuki waktu sore dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu kebaikan di malam ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan malam ini dan kejahatan sesudahnya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di Neraka dan di kubur.” (HR. Muslim no. 2723)

32. Doa Tahiyat Shalat

التَّحِيَّاتُ لِلَّهِ، وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِيْنَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
“Segala penghormatan hanya milik Allah, juga segala pengagungan dan kebaikan. Semoga kesejahteraan terlimpahkan kepadamu, wahai Nabi, begitu juga rahmat dan berkah-Nya. Kesejahteraan semoga terlimpahkan kepada kita dan hamba-hamba Allah yang shalih. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang hak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.” (HR. Al-Bukhari no. 831 dan Muslim no. 402)

33. Doa Naik Kendaraan

بِسْمِ اللَّهِ، بِسْمِ اللَّهِ، بِسْمِ اللَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ {سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ} الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ
“Dengan nama Allah (3x), segala puji bagi Allah, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari Kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha besar (3x), Maha Suci Engkau ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR. At-Tirmidzi no. 3446 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

34. Doa Saat Sakit

بِاسْمِ اللَّهِ [3x]،أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ [7x]
“Dengan menyebut nama Allah (3x), aku berlindung kepada Allah dan kepada kuasa-Nya dari keburukan apa yang aku rasakan dan aku khawatirkan (7x).” (HR. Muslim no. 2202)

35. Doa Ada Angin Ribut

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا، وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّ مَا فِيهَا، وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ
Ya Allah! Sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan angin (ribut ini), kebaikan apa yang di dalamnya dan kebaikan tujuan angin dihembuskan. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan apa yang di dalamnya dan kejahatan tujuan angin dihembuskan.” (HR. Muslim no. 899)

36. Doa Ada Halilintar

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ
“Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para Malaikat, karena takut kepada-Nya.” (HR. Malik no. 3641 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

37. Doa Minta Hujan

اللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اللَّهُمَّ أَغِثْنَا
“Ya Allah! Turunkan hujan pada kami (3x).” (HR. Al-Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897)

38. Doa Saat Turun Hujan

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
Ya Allah! Turunkanlah hujan yang bermanfaat (untuk manusia, tanaman, dan binatang).” (HR. Al-Bukhari no. 1032)

39. Doa Usai Turun Hujan

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ
“Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah.” (HR. Al-Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71)

40. Doa Awal Bulan Hijriyah

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاليُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ
“Ya Allah! Tampakkan bulan tanggal satu itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Tuhan kami dan Tuhanmu (wahai bulan sabit) adalah Allah.” (HR. At-Tirmidzi no. 3451 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

41. Doa Shalawat

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ
“Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.” (HR. Al-Bukhari no. 3370 dan Muslim no. 406)

42. Doa Saat Berkumpul

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الغَفُورُ
“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Pengampun.” (HR. At-Tirmidzi no. 3434)

43. Doa Hendak Bubar dari Berkumpul

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
“Mahasuci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepada-Mu.” (HR. At-Tirmidzi no. 3433 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

44. Doa Berbuka Puasa

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
“Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap, insya Allah.” (HR. Abu Dawud no. 2357 dan dinilai hasan Syaikh Al-Albani)

45. Doa Masuk Pasar

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ، بِيَدِهِ الخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
“Tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, tiada sekutu baginya. Milik-Nya segala kerajaan dan milik-Nya segala pujian. Dia menghidupkan dan mematikan. Dia Maha hidup dan tidak mati. Hanya di Tangan-Nya segala kebaikan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR. At-Tirmidzi no. 3428 dan dinilai hasan Syaikh Al-Albani)

46. Doa Memiliki Barang atau Peliharaan Baru

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ
“Ya Allah, aku memohon kepadamu kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang Engkau ciptakan atasnya, dan aku juga berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang Engkau ciptakan atasnya.” (HR. Abu Dawud no. 2160 dan dinilai hasan Syaikh Al-Albani)

47. Mendoakan Teman yang Pakaiannya Baru

تُبْلَى وَيُخْلِفُ اللَّهُ تَعَالَى
“Jika kelak rusak, semoga Allah ganti.” (HR. Abu Dawud no. 4020)

48. Doa Menghadapi Orang Jahat

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الوَكِيلُ
“Cukuplah Allah bagi kami. Dan Dia-lah, Tuhan yang paling tepat dipasrahi (dalam menghadapi segala urusan).” (HR. Al-Bukhari no. 4563)

49. Doa Banyak Hutang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالبُخْلِ وَالجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ
“Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.” (HR. Al-Bukhari no. 5425 dan Muslim no. 1365)

50. Doa Melihat Pohon Berbuah

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي ثَمَرِنَا، وَبَارِكْ لَنَا فِي مَدِينَتِنَا، وَبَارِكْ لَنَا فِي صَاعِنَا، وَبَارِكْ لَنَا فِي مُدِّنَا
“Ya Allah! Berilah berkah buah-buahan kami, berilah berkah kota kami, berilah berkah takaran sha kami dan berilah berkah takaran mud kami.” (HR. Muslim no. 1373)

51. Doa Saat Bersin

الحَمْدُ لِلَّهِ
“Segala puji bagi Allah.” (HR. Al-Bukhari no. 6224)

52. Mendoakan Orang yang Bersin

Jika ada orang bersin lalu mengucapkan “Alhamdulillah” maka yang mendengar dianjurkan mendoakannya:
يَرْحَمُكَ اللَّهُ
“Semoga Allah merahmatimu.” Lalu yang didoakan ini hendaknya membalas:
يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ
“Semoga Allah memberimu hidayah dan memperbaiki keadaanmu.” (HR. Al-Bukhari no. 6224)

53. Doa Agar Cinta Orang Miskin

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ فِعْلَ الخَيْرَاتِ، وَتَرْكَ المُنْكَرَاتِ، وَحُبَّ المَسَاكِينِ، وَإِذَا أَرَدْتَ بِعِبَادِكَ فِتْنَةً فَاقْبِضْنِي إِلَيْكَ غَيْرَ مَفْتُونٍ
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu melakukan banyak kebaikan, meninggalkan semua kemungkaran, mencintai orang-orang miskin, dan apabila Engkau menghendaki fitnah (musibah/cobaan) kepada para hamba-Mu maka wafatkanlah aku tanpa terkena fitnah tersebut.” (HR. At-Tirmidzi no. 3233 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

54. Doa Saat Melihat Orang Lain Cacat/Mendapat Ujian

الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ، وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا
“Segala puji milik Allah yang telah menjagaku sehat dari musibah yang menimpamu, dan Dia memberiku karunia atas kebanyakan makhluk yang diciptakan-Nya.” (HR. At-Tirmidzi no. 3431 dan dinilai hasan Syaikh Al-Albani)

55. Doa Qunut

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ، إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ
“Ya Allah! Berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku perlindungan (dari penyakit dan apa yang tidak disukai) sebagaimana orang yang telah Engkau lindungi, sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berilah berkah apa yang Engkau berikan kepadaku, jauhkan aku dari kejelekan apa yang Engkau takdirkan, sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan qadha, dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina, dan orang yang Engkau musuhi tidak akan mulia. Maha Suci Engkau, wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau.” (HR. Abu Dawud no. 1425 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

56. Doa Iftitah

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرَدِ
“Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan- kesalahanku, sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air dan embun.” (HR. Muslim no. 598)

57. Doa Berlindung dari Dajjal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa Neraka Jahanam, siksaan kubur, fitnah kehidupan dan setelah mati, serta dari kejahatan fitnah Al-Masih Dajjal.” (HR. Muslim no. 588)

58. Mendoakan Orang Sakit

أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ العَرْشِ العَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ
“Aku mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan yang menguasai Arasy yang agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. At-Tirmidzi no. 2083 dan dinilai shahih Syaikh Al-Albani)

59. Doa Ziarah Kubur

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ لَلَاحِقُونَ، أَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ
Semoga kesejahteraan untuk kalian, wahai penduduk kampung (Barzakh) dari orang-orang Mukmin dan Muslim. Sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul kalian, kami mohon kepada Allah untuk kami dan kalian agar diberi keselamatan (dari apa yang tidak diinginkan). (HR. Muslim no. 975)

60. Mendoakan Orang yang Telah Meninggal

اللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ
“Ya Allah! Ampunilah dia (mayat), berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia,  berilah ia tempat yang mulia, luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan embun. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, gantilah rumahnya dulu (dunia) dengan yang lebih baik (Surga), berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), pasangan yang lebih baik dari pasangannya terdahulu, dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.” (HR. Muslim no. 963)

REFERENSI

1.      Shahih Al-Bukhari
2.      Shahih Muslim
3.      Sunan Abu Dawud
4.      Al-Jami At-Tirmidzi
5.      Sunan An-Nasai
6.      Sunan Ibnu Majah
7.      Hishnul Muslim
8.      Dan lain-lain
*teks hadits dan penomorannya adalah penomoran asli mengacu yang kepada kitab aslinya.

Related

SEMUA 2241616440428552640

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda yang sopan dan rapi.

emo-but-icon

Follow Us

Pengikut

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item