[]

BAB 2 TIGA KATA PEMBENTUK KALIMAT - Bahasa Arob Khusus Untuk Memahami Quran dan Hadits

BAB 2 TIGA KATA PEMBENTUK KALIMAT Teks Al-Qur`an dan Hadits adalah kumpulan kalimat. Kalimat adalah kumpulan kata. Sementara kata yang membe...

BAB 2

TIGA KATA

PEMBENTUK KALIMAT

Teks Al-Qur`an dan Hadits adalah kumpulan kalimat. Kalimat adalah kumpulan kata. Sementara kata yang membentuk kalimat dalam bahasa Arob hanya ada tiga, yaitu isim (kata-benda/kata-sifat), fi’il (kata kerja), dan huruf (selain keduanya). Tidak ada yang keempat. Definisi isim dengan kata-benda/kata-sifat hanyalah pendekatan. Artinya tidak setiap kata-benda/kata-sifat dalam bahasa Indonesia adalah isim, begitu pula kata-kerja untuk fi’il.

Lantas dengan apa menentukan suatu kata adalah isim atau fi’il atau huruf? Jawabannya: Dengan tanda. Perhatikan tabel berikut:

 

ISIM

FI’IL

HURUF

ARTI

≈ kata-benda/

kata-sifat

kata kerja

selain keduanya

TANDA

(1) al (ال)

(2) tanwin

≥ 3

1-2

CONTOH

المَسْجِدُ

مَسْجِدٌ

Masjid

سَجَدَ

bersujud

فِي

di dalam

Isim tandanya: al (ال) atau tanwin (an - in - un). Contoh al adalah البيت “rumah itu”, dan contoh tanwin adalah بَيْتٌ “sebuah rumah.” Al dan tanwin tidak boleh bergabung dalam satu isim. Contoh isim yang salah adalah (البَيْتٌ).

Fi’il tandanya: jumlah minimalnya adalah 3 huruf (item/karakter). Contohnya adalah (اِجْتَمَعَ) “berkumpul” yang miliki 5 huruf.

Sementara huruf[1] adalah setiap kata yang bukan isim dan bukan fi’il, atau mudahnya: kata yang tidak ber-al dan tanwin serta berjumlah satu sampai dua karakter. Contoh satu karakter adalah (كَ) “seperti”, dan contoh dua karakter adalah (مِنْ)  “dari.” Terkadang sebagian huruf berisi tiga karakter seperti (إِلَى)  “ke” dan kadang empat karakter seperti (إِلَّا) “kecuali”, yaitu hamzah, lam dobel, dan alif. Ini pengecualian, karena jumlah asal huruf adalah satu atau dua. Apakah ada huruf yang mencapai lima karakter? Sepengetahuan penulis, tidak ada.

 

ISIM

FI’IL

HURUF

TANDA

al / tanwin

≥ 3

1-2

CONTOH

المَسْجِدُ

ضَرَبَ

كَ

مَسْجِدٌ

جَاهَدَ

مِنْ

البَيْتُ

اِجْتَمَعَ

إِنَّ

بَيْتٌ

اِسْتَغْفَرَ

إِلَّا

 


 

/ Latihan

Temukan isim, fi’il, dan huruf yang Anda jumpai di surat Al-Fātihah di bawah ini!

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ 1 الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ 2 الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ 3 مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ 4 إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ 5 اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ 6 صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّآلِّينَ 7


 

Jawab:

ISIM

FI’IL

HURUF

اللَّهِ

نَعْبُدُ

بِ

الرَّحْمٰنِ

نَسْتَعِينُ

لِ

الرَّحِيمِ

 

وَ

الْحَمْدُ

 

عَلَى

الْعَالَمِينَ

 

لَا

الدِّينِ

 

 

الصِّرَاطَ

 

 

الْمُسْتَقِيمَ

 

 

الَّذِينَ

 

 

الْمَغْضُوبِ

 

 

الضَّآلِّينَ

 

 



[1] Huruf di sini bukan huruf hijaiyah yang tidak memiliki arti, tetapi komponen pembentuk kalimat dan ia memiliki arti. Untuk membedakan keduanya, huruf jenis ini ditulis dengan miring.

KE DAFTAR ISI

 


Related

Bahasa Arob Khusus Untuk Memahami Quran dan Hadits 3015250703927612862

Posting Komentar

Terima kasih atas komentar Anda yang sopan dan rapi.

emo-but-icon

Total Tayangan Halaman

PENTING

Semua buku di situs ini adalah legal dan telah mendapatkan izin dari penerbit dan penulisnya untuk dicetak, disebar, dan dimanfaatkan dalam bentuk apapun, asal tidak untuk dikomersialkan.

Bagi yang membutuhkan file wordnya untuk keperluan dakwah, bisa menghubungi Penulis di 085730-219-208.

Barokallahu fikum.

Pengikut

Hot in week

Arsip Blog

item